...

Cara Trading yang Ideal untuk Trader Pemula

Seperti apa cara trading yang benar menurut perspektif trader profesional? Trading bukan hanya tentang transaksi jual dan beli saja, tapi ada berbagai mekanisme yang penunjang aktivitas trader itu sendiri hingga bisa meraih keuntungan maksimal.

Karena selama ini, kebanyakan anggapan orang awam, trading adalah aktivitas perdagangan biasa yang meliputi berbagai komoditas dan dilakukan secara online.

Padahal, cara trading yang benar menuntut berbagai hal fundamental didalamnya sampai kemudian membangun sebuah transaksi dengan tujuan memperoleh keuntungan.

Cara Trading yang Ideal

Prinsip bermain trading adalah memperoleh profit melalui teknik tertentu yang berupa analisa dan strategi dengan cermat melihat pergerakan harga di pasar modal.

Bermain trading adalah tentang mengambil keputusan yang tepat dalam waktu singkat berdasarkan analisa kondisi pasar secara real time hingga bisa memperoleh selisih harga beli dan harga jual yang menjadi keuntungan sesungguhnya untuk trader.

Meski demikian, untuk bisa memulai trading, seorang trader harus memiliki beberapa hal berikut ini;

Memiliki Rekening Dana Nasabah

Rekening dana nasabah atau akun sekuritas menjadi syarat mutlak untuk bisa bermain trading. Caranya adalah membuka rekening dana nasabah yang digunakan untuk aktivitas transaksi trading termasuk untuk menyimpan surat berharga yang telah dibeli sebagai aset.

Setelah memiliki akun sekuritas, tambahkan dana sebagai modal untuk bermain trading. Tak perlu bernafsu untuk mengisi dana yang besar, untuk trader pemula Anda bisa memulainya dengan modal yang kecil.

Belajar Memahami Harga Saham

Setelah syarat untuk bermain trading selesai, cara trading selanjutnya adalah belajar mengamati harga saham di pasar saham. Harga sekuritas ini amat tergantung pada isu atau berita, analisa teknikal dan fundamental.

Jika Anda sedang mengincar harga suatu saham, maka amati pergerakan harganya dari waktu ke waktu dengan begitu Anda bisa melakukan analisa trend harga komoditas tersebut. Upayakan untuk membatasi jenis saham yang memiliki tingkat likuiditas tinggi.

Lakukan Analisa Fundamental

Analisa fundamental penting untuk dipelajari dengan tujuan untuk mempermudah perencanaan transaksi perdagangan yang Anda lakukan. Analisa ini umumnya berbentuk evaluasi keamanan saham tertentu dengan cara mengukur tingkat nilai intrinsiknya melalui berbagai pertimbangan seperti; aset, pengeluaran dan pendapatan.

Cara trading selanjutnya adalah melakukan analisa teknikal dengan melihat pergerakan harga saham melalui grafik volume saham untuk membuat prediksi yang tepat terhadap potensi saham di masa yang akan datang.

Mulai Belajar Meminimalisir Kerugian

Tujuan trader adalah memperoleh keuntungan. Tapi, seorang trader juga dituntut untuk mampu atau belajar meminimalisir tingkat kerugian melalui volatilitas yang menjadi ciri pasar saham secara langsung, seorang trader bisa belajar dan mencegah kerugian.

Anda bisa mulai dengan menentukan harga stop loss, karena kemampuan untuk menentukan angka stop loss sangat berpengaruh terhadap modal yang Anda miliki.

Membuka Diri

Seorang trader profesional akan selalu mengasah keahlian dan kemampuannya dengan belajar dari pengalaman atau berdiskusi dengan trader lainnya. Karena, harga saham tak akan pernah bisa diprediksi secara akurat.

Dengan terus mengasah kemampuan trading, seorang trader akan memiliki teknik cara trading yang mumpuni untuk mencapai keberhasilan sesungguhnya.

Menjaga Emosi

Cara trading yang ideal adalah tentang mengendalikan emosi. Karena keputusan yang diambil tanpa pertimbangan yang matang akan berujung pada kerugian yang bisa menurunkan rasa percaya diri seorang trader.

Anda bukan hanya dituntut untuk bijak dalam mengambil keputusan tapi juga lebih mengedepankan strategi berdasarkan analisa dalam melakukan transaksi

Trading adalah dunia yang penuh dinamika. Jangan pernah khawatir ketika mengalami kegagalan atau kerugian, karena dalam perdagangan untung rugi sudah menjadi hukum dalam perdagangan, tapi dengan mengasah kemampuan cara trading Anda bisa meminimalisir kerugian dan membaliknya menjadi keuntungan.