...

Trader artinya dan 4 Gaya Trader Profesional

Bagaimana seorang trader profesional melakukan transaksi? Seorang trader artinya orang yang berkecimpung dalam dunia perdagangan online di pasar keuangan. Para trader ini umumnya sudah memiliki keahlian dalam menentukan strategi pasar yang baik untuk memperoleh keuntungan maksimal.

Kebanyakan trader kawakan baik trader saham, forex maupun instrumen trading lainnya umumnya sudah memiliki strategi yang menjadi ciri khasnya. Dan, strategi serta analisa dari para trader inilah yang banyak diadopsi oleh para trader pemula atau yang dikenal dengan istilah copytrader.

Trader artinya dalam Posisi sebagai Pemegang Kendali

Sebagai aktivitas trading yang bersifat jangka pendek seorang trader seharusnya sudah memiliki pemahaman yang baik tentang analisa strategis yang bakal ia ambil ketika melakukan transaksi dengan mempertimbangkan sejumlah faktor tertentu yang mempengaruhi kondisi pasar keuangan tersebut.

Dengan begitu, trader bisa memegang kendali transaksi dalam hal menentukan keputusan tindakan apa yang akan ia ambil dalam waktu yang singkat namun menghasilkan keuntungan yang besar.

4 Jenis Gaya Trader

Tujuan menjadi trader artinya tak hanya untuk meraih kesuksesan semata tapi juga mampu membaca peluang dalam setiap pergerakan harga serta menempatkan resiko maupun potensi sebagai tantangan yang harus ia hadapi.

Trader seperti ini biasanya sudah memiliki kemampuan yang sangat baik dalam hal menganalisa pasar suatu instrumen keuangan yang memang menjadi bidang keahliannya. Dan, trader-trader profesional ini memiliki gaya tertentu seperti yang dijelaskan berikut ini;

Trader Harian (Day Trader)

Day Trader atau trader harian artinya adalah trader yang paling kerap dijumpai di pasar keuangan dalam artian secara online. Para trader ini umumnya melakukan aktivitas transaksi jual beli harian atau di hari yang sama saat itu juga.

Karakternya dicirikan seperti berikut, ketika pasar dibuka, ia akan langsung membeli aset di kisaran harga yang dinilainya sudah rendah berdasarkan analisa yang sudah ia lakukan sebelumnya kemudian menunggu waktu yang tepat untuk menjual asetnya di hari itu juga.

Trader-trader in dikenal memiliki disiplin dalam hal cut loss. Ketika harga komoditas yang sudah ia beli berada di level terendah dari nilai beli atau bahkan stagnan maka ia akan lebih menjual daripada menahan aset tersebut hingga esok hari.

Gaya trader harian ini tak akan membuatnya mengalami kerugian terlalu signifikan karena pasar saham domestik memiliki mekanisme auto reject bawah dengan minimal kerugian tak lebih dari 7 persen.

Namun kecenderungan kerugian ini biasanya amat jarang terjadi pada trader harian, karena aset yang mereka beli umumnya sudah melalui proses analisis terlebih dahulu sehingga ia sudah memastikan akan memperoleh untung.

Position Trader

Trader position artinya trader yang bersifat menunggu pergerakan grafik harga dalam waktu menengah hingga panjang sampai memperoleh nilai aset yang menguntungkan untuk melepasnya.

Trader ini cenderung lebih bersifat spekulatif dan tidak melakukan analisa yang mendalam dalam hal memprediksi harga suatu komoditas. Karakter trader seperti ini memang lebih santai karena menjadikan aktivitas trading sebagai penghasilan sampingan.

Swing Trader

Konsep swing trader ini adalah membeli aset ketika harga mulai break out dan kemudian melepasnya kettika trend harganya sudah mencapai klimaks.

Trader seperti ini biasanya akan memperoleh keuntungan yang sangat besar karena basis analisanya berdasarkan algoritma pergerakan harga sehingga memudahkan ia memutuskan melakukan transaksi berdasarkan algoritma yang bekerja secara sistematis tersebut.

Scalping Trader

Trader jenis ini umumnya sudah memiliki basis pengetahuan serta modal yang besar karena trader ini biasanya melakukan transaksi dalam waktu hanya hitungan menit dari transaksi yang ia lakukan sebelumnya.

Trader ini hanya akan melihat perubahan trend harga dalam waktu cepat melalui analisa yang telah ia lakukan sebelumnya.

Gaya dan konsep diatas memiliki tujuan untuk meraih keuntungan dalam waktu yang singkat, sesuai dengan makna trader artinya itu sendiri dengan tujuan untuk memperoleh profit secara cepat dan kontinyu.