...

Wajib Tahu, Trading adalah Aktivitas Perdagangan di Pasar Modal

Sudah pada tahu belum sih istilah trading? Trading adalah aktivitas perdagangan di pasar modal yang kini tengah digandrungi oleh milenial karena menjanjikan prospek keuntungan yang besar.

Hanya saja, ketika memutuskan menjadi seorang trader, Anda harus benar-benar menguasai cara menjalankannya. Sebab, jika salah melakukan transaksi, bisa-bisa bukannya untung yang di dapat tapi malah sebaliknya.

Pahami dulu Arti Trading

Seiring mulai diminatinya trading sebagai salah satu instrumen keuangan di pasar modal, maka tak sedikit orang yang mulai mempelajarinya.

Secara harfiah, trading adalah aktivitas perdagangan secara online yang tidak selalu berwujud penjualan maupun pembelian barang maupun komoditas dalam bentuk fisik.

Sebagai salah satu instrumen di pasar keuangan, seorang trader yang menjalankannya harus sudah benar-benar memahami cara maupun teknik bermain trading karena ini menyangkut keuntungan yang bakal diperolehnya.

Trading adalah Bagian dari Konsep Ekonomi Dasar

Sebagai bagian dari aktivitas perekenomian dalam skala yang lebih luas dan dijalankan secara online, trading adalah bagian dari konsep ekonomi dasar yang melibatkan tiga pihak secara langsung dalam satu waktu yakni; trader, penjual dan broker.

Ketiga pihak ini melakukan aktivitas pembelian maupun penjualan dalam bentuk yang beragam seperti jasa, barang maupun mata uang yang telah disepakati dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan yang maksimal.

Trading dalam Pasar Modal

Dalam pasar modal, trading lebih cenderung mengacu pada transaksi antara produsen dengan konsumen yang dijembatani oleh seorang broker terhadap produk-produk sekuritas.

Melalui transaksi ini, pihak produsen memperoleh dukungan permodalan untuk bisa melanjutkan aktivitas produksinya, sedangkan pihak konsumen memperoleh keuntungan dari selisih komoditas yang ia jual di pasar modal.

Memperoleh Keuntungan sebagai Trading

Seorang trader dituntut untuk memiliki insting hingga tingkat kejelian yang tinggi khususnya ketika melakukan transaksi pembelian dan penjualan. Karena, untuk memperoleh keuntungan dari trading adalah mencermati pergerakan harga di pasar modal secara rutin untuk kemudian memutuskan kapan harus menjual maupun kapan harus membeli komoditas tersebut.

Seorang trader juga dituntut untuk selalu memiliki kemampuan melakukan prediksi dari harga yang ia beli di masa yang akan datang dengan mengacu pada sejumlah faktor seperti permintaan barang, suplai barang hingga kondisi geopolitik di daerah tempat produsen berasal maupun dimana komoditas tersebut dijual.

Karakter Trading adalah Aktif

Oleh karena itu, seorang trader dituntut untuk bersikap aktif dalam mengelola modal maupun komoditas yang ia beli termasuk melakukan berbagai strategi yang sesuai demi memperoleh keuntungan yang maksimal.

Seorang trader tak hanya sekedar bersikap menunggu pergerakan harga semata, tapi juga membaca peluang termasuk kemungkinan yang bakal terjadi di masa yang akan datang secara cermat.

Karenanya, trading adalah tentang pergerakan yang dinamis khususnya yang dilakukan oleh seorang trader, untuk memutuskan kapan harus menjual maupun kapan harus membeli dengan tepat.

Pahami Resiko Trading

Dalam menjalankan trading, seorang trader harus memahami resiko trading, mulai dari menentukan jenis komoditas di pasar modal, memutuskan kapan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual, melakukan upaya-upaya prediksi terhadap komoditas di pasar modal di masa yang akan datang dalam waktu singkat dan memilih broker yang terpercaya.

Berdasarkan faktor resiko itu, trading harus dijalankan dengan prinsif kehati-hatian yang tinggi namun harus cepat dalam mengambil keputusan.

Karena trading adalah aktivitas di pasar keuangan yang dinamis, maka seorang trader harus sudah siap dengan berbagai resiko yang mungkin akan dihadapinya termasuk kerugiannya. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan secara matang keputusan untuk menjadi seorang trader.